Bayi Sehat | Video | Lucu | Makanan Bayi | Obat Alami |

Mengapa Bayi Tiba-tiba Menangis?

TB ~ Bayi menangis tentu sudah biasa dan menjadi perilaku yang sementara dapat dilakukan oleh seorang bayi. Permasalahannya, terkadang sedang tidur nyenyak secara spontan sang buah hati menangis tanpa sebab. Bahkan ada bayi yang histeris secara mendadak padahal sebelumnya tidur dengan santai tanpa ada yang mengganggu. Baca juga Mengapa Anak Kecil Dilarang Dekati Bayi.

Ayah-Bunda jangan panik jika menghadapi hal demikian, meski ini terjadi ditengah malam saat semua sedang lelap dalam tidur. Jika dikaitkan dengan dunia mistis sih ada yang bilang si bayi melihat sesuatu dari alam ghaib, namun kita kan harus sadari jika penglihatan bayi belum sempurna dan belum fokus. Jangankan melihat barang halus, melihat benda nyata di depannya terkadang pun belum mampu mengenali dengan baik.
Mengapa Bayi Tiba-tiba Menangis?
Dok. Pribadi
Penyebab Bayi Menangis
Terlepas dari mitos tersebut, Neng ingin berbagi pengalaman terkait penyebab bayi menangis tiba-tiba. tentu ini berdasarkan pengalaman pribadi sehingga bila ada ketidak-ilmiahannya mohon dimaklumi. Neng yakin banyak faktor yang mengakibatkan si buah hati mendadak menangis, berikut beberapa faktor menurut Tutorial Bayi:

1. Lapar / haus
Bayi yang sedang tidur akan terbangun apabila merasa lapar atau haus, silakan dicoba seharian bayi dibiarkan tidur tanpa disusui, pasti ia akan selalu bangun dan menangis histeris.

2. Ngompol / BAB
Sebagian besar bayi memiliki sensitif yang tinggi sehingga ketika ia ngompol atau BAB akan terbangun dan menangis. Hal ini boleh jadi disebabkan dirinya merasa risih dengan kotorannnya sendiri atau juga karena air ompolannya itu terasa hangat menyengat akan mengagetkan bayi yang sedang tidur tadi.

3. Gangguan Binatang
Hal yang paling penting untuk dipastikan ketika bayi menangis mendadak tanpa sebab adalah cek sekujur tubuhnya apakah ada binatang yang menggigitnya. Jika itu nyamuk mungkin masih bisa ditolerir, tetapi kalo sudah serangga berbahaya semisal kelabang, kalajengking, lebah dan lainnya sudah barang tentu akan mengganggu kenyamanan bayi.

4. Suara / Sesuatu yang Asing
Bayi yang baru berusia beberapa bulan akan mengandalkan indera perasa dan pendengarannya. Meski belum sempurna, kedua indera tersebut cukup cepat merespon keadaan sekitar sehingga bila ada suara yang asing bagi si bayi, ia akan kaget dan menangis. Terlebih lagi jika suara itu keras dan memekakan telinga, coba saja putar musik rock ketika bayi sedang tidur hehe...

5. Cegukan
Ini mungkin jarang terjadi namun dapat saja terjadi. Maka ketika usai menyusui atau menyuapi sang buah hati kemudian ia tidur, pastikan posisinya kepala lebih tinggi. Dapat juga di sendu'in terlebih dulu agar makanannya turun ke bagian perut. Namun lebih baik lagi jika setelah makan upayakan berikan jeda kepada buah hati agar tidak segera tidur.

Mungkin demikian yang dapat Neng posting kali ini seputar penyebab bayi tiba-tiba menangis saat sedang tidur nyenyak. Sekali lagi mohon maaf bila ada kekurangannya karena ini hanya argumen pribadi yang muncul setelah lama vakum dan baru sempat update blog. Semoga bermanfaat!!!
Tag : Berita, Review
Share on : Facebook Twitter Google+
6 Komentar untuk "Mengapa Bayi Tiba-tiba Menangis?"

Kebanyakan sih lapar/haus tehh, duuhhh pengen punya adek dehh

terkadang juga baby tiba-tiba menangis karena ketindihan bapaknya pas tidur. hehee

Bayi nangis itu bukti ada yang tidak beres...

kata orang tua jika nangis tak bisa di tolong ada gangguan dari makluk gaib, benarkah , atau cuma mitos ?


admin : www.sagitasoft.com

terima kasih tulisannya sob, nanti kalau punya bayi bisa tau kenapa bayi tiba-tiba menangis

bayi nangis haus pengen mimi hehe

✔ Silakan berkomentar dengan baik dan tidak meninggalkan link aktif.

Back To Top