Bayi Sehat | Video | Lucu | Makanan Bayi | Obat Alami |

Manfaat Memotong Rambut Bayi

TB ~ Salam ceria Ayah-Bunda tercinta. Pernah dengar potong rambut saat acara walimatul Aqiqah? Apakah maksud dari prosesi tersebut? Mengapa rambut bayi sebaiknya digunduli? Dan seabrek pertanyaan lainnya menjadi renungan Neng. Apalagi Neng Auni saat bayi terkenal dengan si plontos karena tidak banyak memiliki rambut, andaipun ada jumlahnya sedikit dan sangat halus. Baca juga Daftar Gizi Penyubur Rambut Bayi.

Ternyata, rambut bayi pada umumnya disebut rambut velus yang akan rontok dengan sendirinya apabila telah tiba waktunya (ada yang bilang antara 1-3 bulan). Rambut velus baik yang tebal dan tipis sebaiknya digunduli agar dapat menghasilkan rambut baru yang lebih merata. Nah, ajaran Islam yang menganjurkan potong rambut saat aqiqah sebenarnya telah menyiratkan hal tersebut, selain untuk ditimbang dan dikeluarkan sedekahnya sesuai berat rambut.

Harapannya, sedekah yang dikeluarkan sesuai dengan timbangan rambut yang dipotong saat acara aqiqah menjadi amal tersendiri. Kemudian menjadi proses pembelajaran secara tidak langsung kepada kita semua akan pentingnya bersedekah. Proses sedekah itu pun dapat menjadi motivasi bagi Ayah-Bunda bahwa kelak buah hatinya cerdas dan gemar bersedekah.
Manfaat Menggunduli Rambut Bayi
Dokumen Pribadi
Menggunduli rambut bayi sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit kepalanya, karena dapat menjaga kebersihannya. Saat bayi tentu kita tidak dapat sembarangan membersihkan area kepala, disinilah dapat memicu kerak kotoran menempel dan menutup pori-pori kulit kepala. Dan dengan memotong rambut bayi maka kotoran itu akan terbuang dan kulit kepala bayi menjadi bersih serta pori-pori kulit kepala dapat bernafas bebas.

Manfaat memotong rambut bayi lainnya adalah memudahkan Ayah dan Bunda untuk menjaga kebersihan kepala bayi. Karena bila masih gondrong tentu tidak mungkin setiap saat dikeramas, apalagi kita tahu kulit bayi sangat sensitif sehingga dapat berbahaya apabila sering terkena shampoo. Dengan menggunduli kepala bayi, kita cukup mengelap atau mengusap jika ingin membersihkan kepala putra-putri kita tersebut.

Dan masih banyak lagi manfaat memotong atau menggunduli rambut bayi, maka jangan khawatir bagi Ayah-Bunda yang mendapati buah hatinya lahir dalam keadaan gundul. Bagi yang telah lahir dengan rambut tebal harap lebih telaten membersihkan atau memotongnya agar tidak mengganggu kesehatan kepala bayi. Semoga bermanfaat!
Tag : Review, Sehat
Share on : Facebook Twitter Google+
31 Komentar untuk "Manfaat Memotong Rambut Bayi"

lebih mudah dijitak juga ya. hahaa bercanda

Whhh Bener juga yah jika rambut bayi botak pasti akan lebih mudah merawat kebersihan kepalanya :)

Mash bayi saja harus dijaga kebersihan kepalanya ya ....

Iya mbak, Bayi ya harus dijaga kebersihan nya kan, setidaknya bagi yang sudah punya anak harrus rutin bersihkan bagian kelamin dan dubur, agar tidak terjadi iritasi paada bayi, trims mbak...

Sebenarnya orang dewasa juga bermanfaat kalo rambutnya rapi, tapi kalo gundul ntar dipanggil gunawan, gundul dan menawan hehe

Owalah jadi begitu ya mas manfaatnya... kalo bayi baru lahir paasti digunduli ya

sepemahaman saya hari ke 7 sudah harus dicukur

Tapi saya lebih suka kalau bayi yang ada rambutnya ketimbang yg botak hehe

makasih ya sudah berbagi, insya Allah sebentar lagi dapat momongan baru. makasih atas infonya. salam sahabat blogger.

Wah, tips yang sangat bermanfa'at ni Mbak buat para calon orangtua

Pantasan aja jadi tradisi, ternyata ada pertimbangan dari kesehatan medisnya toh, makasih mbak.

Semoga dimudahkan urusan persalinannya ya mbah...

pantesan ada ada di adat sunda, juga di adatyang lainnya, memotong rambut bayi bagian dari keharusan, rupanya begitu manfaatnya ya neng?
siip atuh-lah

Anak anak saya dulunya emang ga pernah digunduli mba, soalnya lahiran emang ga ada rambut sama sekali.. : D

ajaran islam selalu benar sebelum semua sebab musabanya ditemukan dengan ilmu modern. inilah tanda tanda kebenarannya.
contoh lainnya misalnya khitan, hehehee

untuk kesehatan, mencukur rambut kepala bayi memang perlu yah neng, terutama agar tidak kotor pori2 kepalanya, dan supaya tidak ketularan kutu xixixi....

hahaha,, mas budi lucu, tp ada benernya jg kadang kalo liat bayi lucu pengen jitak jg :D

saya merasa ada penyajian dakwah di artikel ini, bagus sekali mbak saya juga baru tahu ini. subhanallah.

Alhamdulillah jika demikian kang...

neng itu foto bayinya ya?
iih..lucu banget ya, pasti bapaknya ganteng deh :D

Wah terimakasih Neng udah berbagi infonya, selama nie yang saya tahu hanya sekedar adat dan tradisi saja tanpa tahu apa tujuannya, tapi ada juga di beberapa daerah yang tidak melaksanakan acara seperti potong rambut bayi, nujuh bulan misalnya :)

hehehe...gak suka sama yang botak-botak ya mbak? ntar juga tumbuh lagi ini :)

terimakasih atas infonya. ntar buah hati ku tak gunguli ajj :D

Jadi, intinya untuk kebersihan bayi tersebut ya neng??

✔ Silakan berkomentar dengan baik dan tidak meninggalkan link aktif.

Back To Top