Bayi Sehat | Video | Lucu | Makanan Bayi | Obat Alami |

Inilah Hak Anak Yang Terlupakan

TB ~ Memahami Hak Anak dan Berupaya Memenuhinya, merupakan langkah bijak Ayah-Bunda yang telah diberi amanah berupa keturunan. Sayangnya, dewasa ini banyak hak anak yang terlupakan dengan berbagai kasus yang menyertainya. Anak zaman sekarang sering dituntut mengikuti perkembangan IPTEK dan harus berprestasi dalam segala bidang, sehingga mereka tidak sempat lagi mengenali apa yang menjadi haknya dan mana yang tanggung-jawabnya. Baca juga Pentingnya Keteladanan Dalam Pendidikan Bagi Anak.

Setiap orang tua memang inginnya memberikan yang terbaik bagi buah hatinya, mereka berambisi untuk mewujudkan impian itu dengan berbagai hal. Ironisnya, perhatian saja tidak mereka berikan, sementara setiap anak selalu mendambakan kasih sayang. Inilah salah satu contoh kasus yang banyak terjadi pada kehidupan modern dan pada lingkungan keluarga karir pada umumnya. Dan beberapa hak anak yang sering terlupakan di antaranya:

1. Hak Mengenal Tuhannya
Kesibukan orang tua terkadang melupakan salah satu kewajiban yakni mengenalkan anak pada siapa pencipta kehidupan ini. Kompetisi hidup yang semakin ketat mendorong banyak orang tua cenderung mengenalkan kehidupan dunia ketimbang Sang Pencipta kepada putra-putrinya.

2. Hak Waktu Luang
Miris rasanya ketika melihat anak-anak usia dini sudah menggendong tas dan berbondong-bondong ke tempat kursus atau les. Dengan dalih agar anaknya tidak ketinggalan di bangku sekolah, mereka dipaksa mengikuti kelas tambahan yang terkadang menyita banyak waktu. Akibatnya anak-anak tersebut tidak dapat menikmati usianya yang masih belia dan identik dengan bermain.

3. Hak Bertanya dan Berpendapat
Mungkin ini terbilang sepele dan dianggap belum saatnya, sehingga banyak orang dewasa termasuk Ayah-Bunda tidak mendengarkan apa yang ada di benak buah hatinya. Terkadang ide atau pemikiran anak dianggap sebagai spontanitas semata sehingga kurang mendapat perhatian khusus.

4. Hak Bersosialisasi
Salah satu sisi negatif dari perkembangan zaman bagi anak-anak adalah terkungkungnya generasi kini dengan Game elektronik / Gadget. Hal ini menyebabkan anak-anak cenderung individual dan mementingkan kesenangan sendiri. Waktu mereka tersita dengan gadget dan mainan canggih, sementara kesempatan bermain dan mengenal teman di luar rumah semakin terkikis bahkan tidak ada lagi.

5. Hak Mengkonsumsi ASI sempurna
Semua kita tahu jika ASI merupakan suplemen terbaik bagi seluruh anak manusia terutama pada usia 0-2 tahun. Namun ini sering terabaikan dan bahkan ada bayi yang sama sekali tidak mengenal ASI padahal ia memiliki Ibu. ASI sering tergantikan posisinya dengan susu buatan yang telah dikemas dan beredar di pasaran. Andaikan ada, banyak anak yang minum ASI namun sebentar karena alasan kesibukan dan lain sebagainya sehingga dihentikan belum genap 2 tahun sang anak mengkonsumsi ASI.
Hak Anak Yang Terlupakan
Dok. Pribadi

Dan masih banyak Hak Anak lainnya yang belum sempat Neng kemukakan dalam postingan ini, silakan bagi sobat semua berkenan menambahkan di kolom komentar. Harapannya, dengan artikel ini paling tidak Ayah-Bunda dapat me-manage lima hal di atas agar paling tidak dapat dikecapi oleh setiap anak yang lahir di muka bumi ini.
Tag : Berita
Share on : Facebook Twitter Google+
24 Komentar untuk "Inilah Hak Anak Yang Terlupakan"

Artikel yang mencerahkan dan semoga dapat menjadi perhatian semua orang tua termasuk saya yang baru saja mendapat momongan lagi...

benar sekali, ada sebagian ortu yang masih mengabaikan hal diatas...makasih neng

Betul Neng, banyak sekali orang tua yang terkadang melupakan hak-hak anaknya..

Kasian ya gan anak-anak yang tidak mendapati Haknya itu...

Iya Neng, yahhh,,, kalau saya beruntung, karena saya telah diberikan hak hak saya dari orang tua.. :)

wah anakku tiap hari main gadget, akhirnya aku sita
gadget bikin anak jadi ketagihan, bahaya tdk mw belajar

semoag saya sebagai orang tua bisa memberiakan hak2 kepada mereka amiin...

Anak juga perlu diajarkan bertanggung jawab, selain diberi haknya..

Bagaimana kalau seorang ibunya tidak memiliki ASI lagi kan sudah banyak kejadian ibu-ibu tidak memiliki ASI dan di ganti sama susu seperti SGM atau dll. Apa itu masih mencukupi untuk pertumbuhan sang bayi?

Iya, kasian juga si dede bayi... Tapi para ibu sebelum punya anak kudu nyiapin ASI dong dengan konsumsi makanan sumber ASI...

Assalamu'allaikum Wr wb TeH Neng semoga baik dan sehat selalu sa'at saya berkunjung disini. amit yah Teh saya baru sempet silaturrahim lagi disini :) Anak adalah anugrah sekaligus amanh dari Allah buat kita ya Teh,, maka dia pun berhak mendapat hak darikedua orang tua nya. namun terkadang orang tua suka ada saja yang lalai dan lupa untuk memenuhi hak untuk Anaknya....

buat orang tua ini yang harus di lakukan kepada anaknya terutama seorang ayah mengenalkan seorang anak kepada Tuhannya. sampai ke ibadah-ibadah dan perintah-perintah yang Allah berikan kepada manusia...

Saya sebagai orang tua dari anak anak saya, Terkadang ada saja yang masih belum memenuhi hak dari anak saya nih Teh Neng Dan Mas diatas. semoga berkat artikel ini saya lebih meningkatkan kepedulian saya pada buah hati belahan jantung Putra putri saya. Terima kasih Teh Neng atas Tausiah nya :)

yang paling penting menurut saya yaitu mengenalkan anak kepada tuhannya dan selalu membimbing anak pasti kalo yang 2 itu terpenuhi insya allah anak pun akan sholeh :D betul tidak neng ? :D hihi #sok bijak :DD

dari hak-hak anak tersebut diatas, kebanyakan tentu yang membuat jadi tidak sempurna yang didapatkan anak itu adalah para ibu-ibu...hayoo udah sempurna belom ngasih hak pada anaknya..?

Bener Mang, hayo mana kaum ibu neh...

Alhamdulillah mang sehat sadaya, hatur nuhun tambahannya...

Hahahhaa Mantap bener nii makasih ya buat infonya. Untuk para kaum ibu,semoga dibaca ya. www.agen68.com

✔ Silakan berkomentar dengan baik dan tidak meninggalkan link aktif.

Back To Top